Untuk bantu baby belajar jalan, mending sewa atau beli babywalker ya bunda?

Ketika baby saya mulai suka berdiri, saya mulai kepikiran untuk mencari alat bantu dia belajar jalan. Alat bantu belajar jalan baby sih babywalker atau pushwalker. Babywalker itu yang bentuknya persegi empat dan si baby dimasukkan ke tengah-tengah, sementara pushwalker bentuknya seperti mainan yang bisa dia dorong karena ada rodanya.
Babyelle 2 in 1



Babywalker


Babywalker kurang lebih seperti ini bentuknya:
Babyelle 2 in 1 walker
Babyelle 2 in 1 walker

Babywalker di atas adalah babywalker dari brand Babyelle. Kelebihannya daripada babywalker lainnya adalah ia bisa dijadikan pushwalker. Ketika dijadikan pushwalker, seperti ini bentuknya:

Babyelle 2 in 1 dijadikan Pushwalker
Babyelle 2 in 1 dijadikan Pushwalker

Babywalker Babyelle 2 in 1 ini mendukung dua mode, yaitu dijadikan babywalker seperti gambar pertama, atau dijadikan pushwalker seperti gambar di atas ini. Untuk dijadikan pushwalker, tinggal melepas tempat duduk, dan pelindung bagian belakang didorong ke depan untuk dijadikan pegangan. Babywalker Babyelle 2 in 1 ini menurut saya kuat dan kokoh sehingga aman dijadikan alat bantu belajar jalan bagi bayi. Kelemahannya, harganya memang cukup mahal, saya cek di ecommerce harganya sekitar 700ribuan, hehe.

Pushwalker

Sebetulnya sebelum memakai babywalker Babyelle 2 in 1 saya sudah beli pushwalker dari brand Sugarbaby. Harganya cukup terjangkau di JD.ID Rp 179.000 rupiah, sayangnya saya merasa built nya kurang kokoh dan bisa mliyak-mliyuk kalau dipakai untuk belajar jalan. Akhirnya sih dijadikan mainan biasa saja. Seperti ini penampakan pushwalker Sugarbaby:

Pushwalker Sugarbaby
Pushwalker Sugarbaby

Pushwalker Sugarbaby berbahan plastik, tapi memang lebih tipis. Di bagian depan ada mainan yang bisa dilepas-lepas seperti di gambar. Nah, di bagian belakang ada semacam derigen yang diisi air, fungsinya sebagai pemberat. Jadi ketika didorong dia tidak akan terlalu meluncur karena ada pemberat. Selain itu di bagian roda juga ada karet untuk mengurangi kecepatan roda.

Tapi buat saya Pushwalker ini masih terlalu ringan sehingga takutnya tidak kuat menahan beban anak ketika dijadikan sandaran. Akhirnya saya urung memberikan pushwalker ini untuk dipakai belajar jalan anak. Pushwalker ini saya jadikan mainan seperti biasa saja. Buibu yang kepingin beli Pushwalker Sugarbaby buat mainan anak, bisa langsung cus ke link ini.

Sewa atau Beli Babywalker untuk Bayi Belajar Jalan?

Saya punya kebiasaan riset kesana kemari sebelum membeli suatu barang untuk bayi, apalagi ini untuk anak belajar jalan. Saya keluar masuk blog juga untuk cari tahu beda babywalker dan pushwalker. Pengalaman saya beli pushwalker dengan harga miring seperti pushwalker sugarbaby di atas mengajarkan saya bahwa ada harga ada kualitas.

Saya merasa babywalker lebih aman untuk anak saya. Akhirnya saya riset merek dan harga babywalker. Memang harganya sangat bervariasi sekali mulai dari 100ribuan sampai 800ribuan ada! Luar biasa memang produk bayi itu ya, bunda hehehe. 

Sebelum beli saya kepikiran mengunjungi laman instagram persewaan mainan anak, dan kebetulan mereka sedia babywalker dengan cukup lengkap macam dan mereknya. Oleh karena pertimbangan masa pakai, dimana saya pikir babywalker ini tidak akan terlalu lama dipakai sampai anak saya mahir jalan, maka saya putuskan untuk sewa saja deh.

Akhirnya saya putuskan sewa babywalker Babyelle 2 in 1 yang menurut saya bagus karena bisa dijadikan babywalker atau pushwalker. Ketika barang datang saya puas karena built in juga kuat dan kokoh.

Saya sewa kurang lebih dua bulan dengan harga sewa per bulan 100ribu. Kalau mau beli, harga babywalker Babyelle 2 in 1 seperti di gambar kurang lebih 700-800ribuan di marketplace, kalau buibu ingin beli babywalker Babyelle 2 in 1  bisa ke link ini

Jadi, bunda-bunda di rumah mending sewa atau beli nih?