Apa buibu sedang cari mainan bayi 3 bulan yang digantung? Sebagai ibu dari bayi baru lahir sekaligus sebagai generasi internet, saya mengandalkan Google untuk mencari-cari referensi mengenai mainan bayi 3+mo. Ketika usia 3 bulan, bayi saya mulai menggerakkan tangan dan ingin menyentuh benda-benda. Suami lantas meminta saya untuk memberikan mainan yang bisa digunakan untuk bayi usia 3 bulan.

Gak banyak nemu sih, kadang saya cari langsung di marketplace, kadang cari referensi dari artikel-artikel di internet. Tapi banyak pendapat di internet tuh, akhirnya saya putuskan langsung beli. Langsung deh cari mainan gantung bayi di marketplace oranye punya negara tetangga hehe.

Apa Saja Mainan Bayi 3 Bulan yang Digantung?

Waktu itu yang pertama saya beli adalah Babysafe Teether, bentuknya kupu-kupu, dan ada airnya di dalamnya. Katanya kalau lagi tumbuh gigi, ini bisa didinginkan di kulkas dan meredam nyeri bayi yang lagi tumbuh gigi.

Bentuknya kayak gini:

Mainan Bayi 3+mo
Babysafe Teether

Katanya sih ini bisa buat anak mulai usia 0 mo karena mudah digenggam, tapi untuk anak saya yang waktu itu usia 3+ mo, ternyata masih berat buat dia. Jadinya dia belum begitu kuat buat menggenggamnya. Selain itu, memang bayi saya juga belum begitu bisa mencengkeram. Alhasil sering lepas ini mainan dari pegangan dia, dan jatuhin mukanya. Padahal ini berat, ga kebayang sakit di mukanya, heheh.

Mainan Gantung yang Mengeluarkan Suara

Setelah itu, saya juga beli mainan sugarbaby, semacam playmat gitu. Ada alas bergambar dengan gambar beraneka warna cerah untuk stimulus otak bayi berusia 3 bulan . Kemudian ada mainan gantung dengan kicrikan untuk melatih kemampuan pendengarannya juga. Lalu ada piano yang bisa ditendang-tendang kakinya yang mulai bergerak-gerak.

Harganya sekitar 190ribuan, lumayan murah dibanding mainan bayi lainnya yang bermerek, kecil-kecil tapi harganya ratusan ribu euy, adaw dompet bisa kering dengan cepat hahaha. Anak saya awal-awal punya sugarbaby ini ga begitu ngerti sih mainnya. Cuma dia sering kaget kalau kakinya nendang pianonya dan ada suara yang timbul. Tapi lama-kelamaan dia mulai ngerti dan mulai perhatikan mainan yang digantung.

Sekarang mainannya saya pretelin. Boneka yang digantung juga mreteli buat dia pegang-pegang, dan dia emutin. Piano juga lepas, dia pukul-pukul pake tangannya hahaha. Alasnya dia suka lihat-lihat dan remes-remes karena dia mulai belajar megang sesuatu.

Penampakan sugarbaby playmat kayak begini buibu:

Maap gambar ambil dari marketplace karena punya saya udah ga utuh lagi


Ini ada kicrikannya dan dia suka emut 🤨.

Mainan Bayi 3+mo
Ya inilah sisanya

Mainan selanjutnya adalah boneka rattle hadiah beli popok merries (emak-emak suka gratisan). Waktu itu beli pospak merries di Jd.id dan promonya adalah belanja minimal Rp 100.000 gratis boneka rattle ini. Ada dua warna yaitu pink dan biru. Saya beli dua kali, dan dua-duanya kebagian gift, warnanya pink.

Bentuknya kayak gini:

Mainan Bayi 3+mo
Hadiah beli diapers, lucu ya, lembut lho


Pegangannya sih lembut ya karena kain, terus dia juga ringan banget jadi aman untuk bayi. Tapi lagi-lagi masih terlalu besar untuk dipegang oleh jari-jari anak saya. Tapi gak masalah sih karena kan emang tujuannya buat dia belajar megang benda. Sampai sini anak saya masih belum suka ngemut-ngemut.

Mainan Gigit

Nah, mulai usia 4,5 bulan sampai sekarang, anak saya udah di fase suka ngemut benda-benda. Pegangannya makin mantap jadi dia emutin tuh macem-macem. Remote Tv, remot AC, tangannya emaknya, apa aja deh yang bisa dia temuin, termasuk ngemut tangan dia sendiri.

Akhirnya saya cari-cari lagi teether dan ketemulah yang merek mombella. Teethernya warna ijo bentuk tupai. Pertama dikasih, anak saya suka banget dan langsung ngemut teethernya dengan antusias. Dia ga berat kayak yang Babysafe. Desainnya juga bikin jari-jarinya yang kecil bisa menggenggam dengan baik.

Mainan Bayi 3+mo
Anakku gemes banget sama ini ga tahu kenapa

Tapi ya itu, saking sukanya dia dengan teether ini, dia sering ngemut dengan gemes, sampe-sampe kupikir dia jadi 'beringas' wadau. Kalau udah mulai beringas ngemutnya, kuambil teethernya dan dia nangis '_'.

Teether mombella bentuknya begini. Kecil begini mahal juga harganya 100ribu, tapi klaimnya sih bahannya aman dan BPA Free.


Buibu, apakah punya kisah serupa? Atau punya rekomendasi mainan bayi yang bagus untuk perkembangan anak, boleh lho di-share di komentar :).