Infant artinya apa ya? Lalu apa bedanya dengan Newborn, Toddler, dan Baby?

Kalau dalam Bahasa Inggris, kita sering temukan beberapa kata untuk menyebutkan bayi yaitu Baby, Newborn, Infant, dan Toddler. Saya sering bertanya-tanya apa bedanya keempat kata ini. Untuk sekarang, karena saya punya bayi, saya tahu apa arti Newborn, tapi saya masih belum tahu definisi ketiga kata lainnya.

Beda Newborn, Infant, Toddler, Baby?
image: Pexels.com


Setelah googling, saya temukan juga perbedaan mereka berempat. 

Ternyata, keempat istilah untuk menyebut bayi tersebut, merupakan penggambaran dari tahapan-tahapan awal masa kanak-kanak.

1. Newborn

Newborn digunakan untuk menyebutkan bayi baru lahir sampai usia dua bulan. Jadi, buibu kalau beli baju bayi yang tulisannya newborn artinya itu untuk bayi baru lahir sampai usianya dua bulan. 

Berat badan newborn biasanya di kisaran 2,5kg sampai 4,3kg, panjang badan sekitar 46 cm sampai 55cm. Newborn berkomunikasi dengan cara menangis, menggeram, atau kicauan kecil. Buibu sebaiknya mengerti apa yang diinginkan bayi ketika dia menangis, mungkin lapar, haus, ngompol, atau gatal-gatal, kepanasan, dsb.

newborn
Image: pexels.com

Sepengalaman saya, newborn itu cepat sekali pertumbuhannya. Dalam tiga bulan pertama saja anak saya sudah mlenuk-mlenuk gendut meskipun cuma minum ASI tanpa susu formula ataupun makanan pendamping lainnya. Oya, sampai sebelum 6 bulan, bayi sebaiknya cuma minum ASI saja ya, tanpa makanan padat.

Maka dari itu, saran saya untuk beli baju newborn jangan banyak-banyak, karena cuma kepake beberapa bulan saja. Saya malah banyak beli baju yang umur 6 bulan, atau malah setahun sekalian. Dengan begini, umur masa pakai baju lebih lama. Selain itu, lebih ngirit juga.

Baca juga: 

Daftar Barang yang Harus Dibawa Ketika Persalinan (Terlengkap, Pengalaman Pribadi)

2. Apa Itu Infant?

Infant artinya anak yang masih sangat kecil, saking kecilnya sering juga disebut bayi. Tapi sebetulnya infant adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan bayi yang berusia dua bulan sampai 1 tahun. Kalau naik pesawat, biasanya ada tuh kategori penumpang pesawat, adult, infant, dsb. Nah, buibu kalau bawa anak usia dua bulan sampai 1 tahun ke pesawat, dia masuk kategori infant (biasanya akan berpengaruh ke harga tiket pesawatnya, bayar full atau tidaknya).

infant
image: pexels

Ukuran infant sudah jauh lebih besar daripada ketika newborn. Berat infant bisa mulai 4,4kg sampai 7kg, lho! Tentu ini tergantung banyaknya asupan nutrisi yang masuk ke infant. Infant juga sudah bisa refleks menarik-narik benda di sekitar menggunakan tangan. Tapi kita mungkin seringnya lihat infant mengibas-ngibaskan tangan.

Kalau kaki biasanya menyepak-nyepak, terutama ketika berbaring. Pokoknya seru mengamati si kecil unlock skill di setiap tahapan perkembangannya. Waktu infant, saya sudah mulai belikan anak-anak saya mainan. Buibu bisa cek mainan yang saya belikan untuk anak usia 3mo.

3. Toddler

Toddler digunakan untuk menyebut bayi yang berusia 1 tahun sampai 4 tahun. Masa-masa toddler merupakan masa-masa yang baik untuk perkembangan kognitif, emosional, dan sosialnya. 

Toddler adalah anak yang mulai berjalan sehingga mereka suka sekali mengeksplorasi hal-hal baru di sekitarnya. Mereka mau mengakses semua benda dan tepat dengan tubuh mereka sendiri. Jadi, jangan halangi anak yang mau mengeksplor ya, buibu. Cukup awasi dan arahkan kalau tindakan mereka membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Saya juga punya toddler di rumah. Dia suka sekali jalan ke sana sini, suka mengambil benda-benda di dapur, sendok, garpu, baskom, piring, macam-macam lah. Mainan malah jarang dia sentuh. Dia juga suka ceriwis meskipun omongannya belum berbentuk sama sekali hehe. Tapi saya percaya, pelan-pelan dia akan bisa semuanya.

toddler
Image: pexels.com


Menurut referensi yang saya baca, sebetulnya definisi di atas tidak pakem, alias bisa saja berbeda-beda di beberapa tempat. Kamus bahasa Inggris Merriam-Webster misalnya, yang menyebut newborn sebagai anak yang baru saja lahir dan tidak menyebutkan batas atas usia untuk istilah ini.

Merriam-Webster juga tidak menaruh definisi yang jelas mengenai infant. Ia hanya menyebut bahwa infant adalah anak dalam tahap pertama hidupnya, tapi tidak memberikan rentang usia yang jelas. Merriam-Webster mendefinisikan Baby sebagai anak yang masih sangat muda.

WHO, sebagai Organisasi Kesehatan Dunia, mendefinisikan newborn infant, atau neonate, sebagai anak yang berusia kurang dari 28 hari.

Sementara, Toddler, Merriam-Webster mendefinisikan sebagai anak yang baru belajar berjalan. Toddler dari kata toddle yang artinya kurang lebih berjalan tertatih-tatih dan biasanya ini terjadi mulai usia 1 tahun lebih.

Referensi:

verywellfamily.com