Menggunakan popok kain clodi membuat saya jadi sering mencuci. Lama-lama saya pikir banyak juga deterjen yang dibutuhkan untuk kegiatan mencuci setiap hari. Suatu ketika internet membawa saya pada sebuah benda bernama laundry ball Clean Ecowash.

laundry ball
sumber gambar: unsplash.com


Apa itu Laundry Ball?

Laundry Ball merupakan sebuah bola berukuran sekepalan tangan orang dewasa yang terbuat dari bahan plastik. Bola tersebut berisikan bola-bola yang lebih kecil lagi. Laundry ball mengklaim sebagai produk alternatif untuk mencuci tanpa deterjen sehingga banyak yang menganggap lebih sehat dan aman untuk bayi.

Kabarnya laundry ball terbuat dari bahan yang ramah lingkungan yaitu batu keramik alam dari Brazil. Produksi laundry ball dilakukan di pabrik bersertifikasi internasional (SGS, ROHS, CE, MSDS, dan ISO 9001) (Sumber: asibayi.com).

Sebelum memutuskan membeli laundry ball saya memang banyak melakukan riset mengenai produk ini. Ketika mengetikkan kata kunci ‘laundry ball’ di google, yang keluar paling atas adalah situs ecommerce yang menjual produk ini. Baiklah saya harus lebih spesifik lagi, saya ganti kata kunci dengan ‘review laundry ball’ dan hasil pencarian adalah seperti di bawah ini

laundry ball ecowash
sumber gambar: tangkapan layar pribadi



Kebanyakan adalah situs-situs blog pribadi. Kelebihannya adalah situs blog pribadi cenderung memberikan review yang lebih jujur, tapi bisa juga berlebihan. Saya baca satu per satu dan akhirnya memutuskan untuk membeli laundry ball.

Laundry ball Ecowash

Ketika mencari brand laundry ball, yang paling banyak tersedia di Indonesia adalah merek Ecowash Clean. Di ecommerce, yang paling banyak dijual adalah yang seperti ini

laundry ball ecowash
sumber gambar: shopee



Harganya mulai 120ribuan, ada yang 150ribuan dan menyertakan ecostick untuk menghapus noda membandel. Saya membeli yang harganya 150ribuan dan bonus ecostick. Ecostick ini katanya dioleskan ke noda-noda yang membandel sebelum pencucian dengan Ecowash laundry ball.

Laundry ball Cocoknya digunakan di Mesin Cuci

Meskipun banyak juga yang bilang kalau ia bisa dipakai untuk cuci dengan tangan, tapi blog-blog yang menjadi rujukan saya mengatakan bahwa ia lebih cocok digunakan untuk pencucian dengan mesin.

Bahan pembungkus laundry ball dikatakan adalah thermoplastic yang biodegradable (bisa terurai di alam), recycleable (bisa didaur ulang), bebas kimia, aman, dan kuat sehingga cocok digunakan di segala jenis mesin cuci.

Kemudian, butiran keramik di dalam laundry ball tak sembarang butiran keramik. Ia terdiri dari 4 macam butiran keramik yaitu

1.       butiran alkali untuk meningkatkan kadar ph air hingga sama dengan yang dihasilkan oleh deterjen untuk membantu melepaskan kotoran dan minyak di kain.

2.       Butiran far infrared untuk memecah molekul-molekul air menjadi lebih kecil, meningkatkan daya gerak molekul dan menurunkan tekanan permukaan air, lagi-lagi supaya kotoran mudah lepas.

3.       Butiran anti mikroba untuk menghilangkan jamur, organisme patogen, dan bau.

4.       Butiran penghilang klorin untuk menetralkan kadar klorin/kaporit pada air untuk melindungi dari oksidasi, melemahkan tekanan permukaan kain untuk meningkatkan daya cuci, agar warna pakaian tidak pudar, serta menjaga elastisitas kain.

(sumber: rumahnisrin.com)

Melihat penjelasan mengenai butiran keramik yang menjadi kehebatan laundry ball Ecowash di atas, saya pribadi jujur tidak ada bayangan saintifik yang rasanya logis di kepala saya. Mungkin karena saya bukan orang kimia, sehingga memang rasanya ada sedikit sangsi dengan kehebatan empat jenis butiran keramik dan fungsi-fungsinya tersebut, ahaha.

Tapi, untuk membuktikan rasa penasaran saya, tidak ada jalan lain selain mencobanya sendiri. Saya beli di Tokopedia bulan Oktober 2020. Harganya 1 set 150.000 plus ecostick.

laundry ball ecowash tokped
sumber gambar: tangkapan layar pribadi



Cara Mencuci dengan Laundry Ball

Kalau saya baca-baca, penggunaan laundry ball ini cukup sederhana, cukup gunakan sebagai pengganti deterjen di mesin cuci. Kalau menggunakan mesin cuci top load, rendam baju bersama dengan laundry ball selama 15 sampai 30 menit, kemudian diputar selama 5 menit dan hasilnya baju bayi atau clodi-clodi menjadi bersih dan bebas bau. Tidak ada bau pesing atau bau sabun, hanya bau segar. Begitulah klaimnya.

Bisakah Laundry Ball dipakai di Mesin Cuci Front Load?

Masalah kemudian timbul, review-review dari blog yang saya baca kebanyakan mereka menggunakan mesin cuci top load. Artinya baju bisa terendam dalam air yang banyak. Mesin cuci top load dan front load berbeda terutama dari kadar air yang dipakai.

Mesin cuci saya front load dan ketika pencucian, penggunaan air cenderung lebih sedikit. Meski air yang digunakan sedikit, pencucian tetap bersih karena gerakan tabung yang cenderung diputar dengan kekuatan tenaga mesin yang bisa membuat kotoran lepas. Beda dengan top load yang air cenderung banyak dan gerakan pencucian memutar kanan atau kiri saja tanpa ada hentakan.

Di sini, ketika saya ingin memasukkan laundry ball ke dalam mesin cuci front load, saya menjadi ragu. Ketika mesin cuci front load penuh baju, maka air cenderung tidak akan merendam baju. Kalaupun pakai laundry ball, besar kemungkinan laundry ball tidak akan terendam air dan tidak akan dapat bergerak bebas karena kapasitas yang penuh.

Kemudian, kalau saya mengisi mesin cuci dengan sedikit baju, saya pikir laundry ball akan bisa bergerak bebas, tapi dengan gerakan mesin cuci front load, saya malah takut bola laundry ini pecah dan keramiknya akan berhamburan ke dalam mesin. Saya cukup ragu dengan kualitas plastiknya apa bisa menahan bantingan dari gerakan mesin cuci front load.

Oleh karena faktor tersebut, akhirnya saya tidak jadi menggunakan laundry ball tersebut ke mesin cuci karena mesin saya front load. Laundry ball saya pakai untuk merendam clodi-clodi dalam ember sebelum dimasukkan ke mesin cuci. Yah, memang sih rasanya bau pesing hilang dan ada bau segar gitu. Tapi saya sendiri masih sangsi apakah laundry ball ini juga membunuh kuman-kumannya :D.

Awal-awal saya masih rajin pakai laundry ball untuk merendam clodi-clodi, tapi lama-lama saya kok jadi malas hiyaaa. Kadang-kadang saya merendam kelamaan sehingga jadi bau juga, malah saya jadi kepikiran apa butiran keramik ini mengandung sedikit deterjen juga :D, tapi wallahu alam ya.

Akhirnya sekarang laundry ball tidak saya pakai sama sekali. Mungkin kalau ke depan saya ada mesin cuci top load, akan saya coba untuk pakai lagi dan membuktikan klaim kehebatan laundry ball Ecowash ini.

Apakah buibu ada juga yang pakai laundry ball Ecowash? Boleh dong sharing pengalamannya di kolom komentar 😊.