Flu Singapura, atau yang sering disebut sebagai flu musiman, adalah penyakit umum yang dapat mengganggu keseharian. Meskipun biasanya bukan penyakit serius, gejalanya yang tidak nyaman seperti hidung tersumbat, sakit tenggorokan, batuk, dan demam dapat membuat kita merasa tidak nyaman.

    Pengalaman anak kena Flu Singapura memang bikin orangtua jadi waspada, apalagi katanya flu singapira bisa kena 2 kali. Rasanya jadi harus siap sedia obat-obatan apotik yang minimal bisa mengurangi gejala-gejalanya. Waktu anak kena Flu Singapura, aku gak sedia obat-obatan apotik di rumah yang bisa meredam gatal-gatalnya, alhasil kalang kabut cari cream yang bisa meredakan gatal luar biasa akibat Flu Singapura.

    bintik flu singapura
    Sumber gambar: canva

    Nah, berdasarkan pengalamanku itu, sedikitnya ada beberapa obat yang bisa digunakan untuk meredakan gejala dari Flu Singapura.

    Untungnya, banyak obat flu Singapura di apotik yang dapat membantu meredakan gejala ini. Beberapa opsi obat di bawah ini bisa membantu meredakan gejala-gejala yang ditimbulkan oleh flu singapura.

    1. Isprinol

    Isprinol adalah salah satu obat flu singapura di apotik yang waktu itu diresepkan dokter. Saya tanya ini obat apa, dokter mengatakan bahwa ini adalah antivirus. Kebetulan waktu itu flu singapura sedang merebak, sehingga klinik faskes saya tersebut kehabisan Isprinol. Alhasil saya hanya bawa pulang resep untuk menebus obat Isprinol tersebut di apotik.

    Ketika berusaha menebus di dua apotik terdekat dari rumah, ternyata mereka tidak punya stoknya, ada yang kehabisan juga. Akhirnya saya dan suami sampai keliling-keliling ke 4 apotik di area terdekat. Masih kehabisan juga ternyata, wow pikir saya kalau sampai kehabisan tuh apa lagi banyak anak-anak yang kena flu singapura, ya.

    Akhirnya kami menyerah dan memutuskan ke pusat kota. Dan waktu itu kami langsung ke Kimia F*rma di area kota. Alhamdulillah mereka masih punya stoknya. Oya, isprinolnya yang diresepkan dokter ini sirup ya, walaupun ada versi tabletnya juga.

    isprinol sirup
    Sumber gambar: Halodoc
    Beli di Shopee[button_warning] Beli di Tokopedia[button_success]

    ISPRINOL SIRUP merupakan obat dengan kandungan Methisoprinol yang merupakan turunan purin dengan sifat antivirus dan imunomodulator. Obat ini digunakan sebagai Imunomodulator pada infeksi virus & untuk kondisi sistem imun/daya tahan tubuh yang kurang baik, dengan cara merangsang fungsi sel limfosit T dan makrofag dan mempengaruhi produksi sitokin, sehingga menormalkan kekebalan tubuh yang dimediasi sel yang disfungsional. Dalam penggunaan obat ini harus SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER. (Halodoc). 

    2. Tempra

    Tempra nih obat yang mudah ditemukan dimana-mana ya, di apotik pasti ada, di Indomaret atau Alfamart juga pasti ada. Ada versi drop dan ada versi sirup. Kalau masih di bawah 3 tahun anaknya, biasanya dikasih yang versi drop ya. Rasanya juga enak, ada rasa anggur dan jeruk. Tapi yang paling mudah ditemui sih yang rasa anggur.

    Flu singapura, sepengalaman anakku kena, itu diawali dengan demam terlebih dahulu. Jadi, anak demam dulu dan gejala lain seperti bintil merah itu muncul belakangan. Nah, kalau menemukan anak demam atau panas otomatis orang tua akan mencari penurun panas, bisa cara alami (minyak telon+bawang merah), dikompres air hangat, dsb. Tapi kalau demam lumayan tinggi seperti 39-40 derajat celcius, biasanya anak tuh rewel jadi orangtua butuh obat penurun panas. Dan penurun panas yang paling gampang ditemui ya Tempra itu.

    Nah, setelah minum Tempra ternyata masih naik turun demamnya, wah berarti ada isu lain nih ya. Bisa bakteri atau virus, yang itu harus ditangani. Nah, untuk mengetahui sebab demamnya apa yang tidak turun-turun ini biasanya kita ke dokter. Sama dengan saya juga waktu itu, karena tidak turun juga esoknya kami bawa ke dokter, kebetulan juga kami bawa karena menemukan ada muncul bintil merah di telapak kaki yang itu lumayan banyak.

    Ketika melihat itu dokter langsung tahu bahwa itu flu singapura. Jadi selain diresepkan Isprinol, juga diresepkan obat sirup untuk penurun panas yang juga untuk mengatasi batuk pilek, karena flu singapura juga ada gejala lain yaitu batuk pilek. Nah, sayangnya saya lupa sirupnya apa, tapi kalau nggak salah sih Sanmol sirup (karena sampai sekarang botol obatnya masih ada saya simpan XD, jadi kemungkinan itu). 

    tempra drops 15ml
    Beli di Shopee[button_warning] Beli di Tokopedia[button_success]
    Tempra drops untuk anak di bawah 3 tahun (sumber gambar: Halodoc)



    tempra sirup
    Beli di Shopee[button_warning] Beli di Tokopedia[button_success]
    Tempra sirup untuk di atas 3 tahun (sumber gambar: Halodoc)
    sanmol sirup 60ml
    Beli di Shopee[button_warning] Beli di Tokopedia[button_success]
    Sanmol juga sering diresepkan klinik/RS ketika anak saya panas (sumber gambar: Halodoc)

    Obat-obatan seperti parasetamol atau ibuprofen dapat membantu meredakan demam dan nyeri yang disebabkan oleh flu Singapura. Ada berbagai merek obat dengan kandungan ini di apotik terdekat. Pastikan untuk mengikuti dosis yang disarankan dan petunjuk penggunaan.

    3. Salep Gatal

    Gejala paling mengganggu dari flu singapura adalah gatal-gatalnya. Gatal-gatal ini paling kelihatan juga ya karena ditandai dengan bintil-bintil merah, kalau digaruk semakin gatal, semakin berair, dan berisiko pecah. Ini juga yang terjadi pada anak saya yang sangat tidak tahan gatal. Dia garuk, berair, kemudian pecah. Cairan yang pecah ini kemudian membuat bintilnya menyebar ke bagian lain di tubuh. Begitulah lingkaran setannya.

    Maka dari itu supaya tidak menyebar ke bagian lain di tubuh anak, mau tidak mau harus cari pereda gatalnya. Gatalnya bukan level gatal gigitan nyamuk lagi soalnya, gatal luar biasa soalnya anak saya sampai tersiksa sekali dengan rasa gatalnya. Ya, tidak semua anak seperti ini, karena ada juga anak teman yang kena flu singapura dan adem ayem saja hihi.

    Nah tapi ga ada salahnya jaga-jaga pereda gatal di rumah yah. Pereda gatal ini ada salep gatal ataupun lotion gatal yang banyak sekali macamnya dan tersedia di apotik maupun bisa dibeli di marketplace secara online.

    Tapi kalau saya sendiri jujur waktu itu memang ada beberapa salep dan krim yang saya gunakan. Kenapa ada beberapa? ya karena disesuaikan dengan keadaan misalnya:


    Beli di Shopee[button_warning] Beli di Tokopedia[button_success]

    Pure baby Soothing Moisturizer cream ini saran dari apotik sih. Kami cuma cari pereda gatal yang aman untuk anak usia 2 tahun an. Nah, dapatlah Pure Baby ini di apotik Kimia F*rma juga. Apakah ini ampuh meredakan gatalnya? Ya, sepertinya lumayan ya, cuma saya jadi sering oles-oles ketika efek krim habis atau krimnya hilang karena aktivitas usap-usap si anak. (sumber gambar: Halodoc)


    mustela stelatopia emolient cream
    Beli di Shopee[button_warning] Beli di Tokopedia[button_success]
    Krim andalan karena saya merasa teryakinkan dengan kandungan di dalamnya, jadi ga waswas kalau kena mulut si anak :D (walau tetap ga boleh dimakan ya). Mustela saya gunakan ketika anak kena rash di muka di umur beberapa hari hihi, dan ampuh makanya saya beli. Ini beli lagi yang Stelatopia untuk mengatasi gatal-gatal flu singapura nya. Ga tau kenapa beli ini, di pikiran saya waktu itu cari yang efek soothing atau calming atau meredakan, gitu lah. Bagus sih ini meskipun mehong harganya XD. (Sumber gambar: Halodoc)

    4. Vitamin

    Sebetulnya karena flu singapura ini adalah virus, maka perlu meningkatkan daya tahan tubuh. Maka dari itu diresepkan juga vitamin. Tapi maaf saya lupa merek vitaminnya apa. Tapi di penyimpanan obat saya memang ada beberapa sirup vitamin seperti Apialis, Imboost Kids, Imunped. Vitamin-vitamin tersebut saya dapatkan dari dokter yang memeriksa. Hanya saja saya lupa vitamin mana yang waktu itu diresepkan ketika kena flu singapura.

    apialis drops
    Apialis Drops 10ml (sumber gambar: Halodoc)




    imunped sirup
    Imunped Sirup 60 ml (sumber gambar: Halodoc)



    imboost sirup
    Imboost Kids Sirup 60ml (sumber gambar: Halodoc)

    Mengonsumsi multivitamin atau suplemen tertentu, terutama yang mengandung vitamin C dan D, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Apotik menyediakan berbagai pilihan suplemen ini.

    Nah itu dia beberapa obat flu singapura di apotik yang bisa meredakan gejala-gejala dari flu singapura. Ada beberapa yang bisa didapatkan secara bebas seperti salep pereda gatal, obat penurun panas (tempra), dan vitamin. Khusus untuk antivirus Isprinol harus dengan resep dokter. Artinya apotik pasti akan meminta resep dokter kalau Anda mau beli Isprinol.

    Selain mencari obat flu singapura di apotik, hal lain yang tidak kalah penting adalah beristirahat, minum banyak cairan, dan menjaga kebersihan. Apalagi ini untuk anak-anak ya, jadi usahakan mereka istirahat cukup, minum banyak, dan tetap bersih. Kalau ada gejala flu singapura, jangan ragu untuk ke dokter, ya! Agar tidak sembarangan dalam penggunaan obat, apalagi untuk anak-anak, coba baca pengalamanku waktu anak kena flu singapura, supaya kita semua bisa belajar dari pengalaman :).