mamafala.com -- Nyeri Haid Pakai Oil Apa? Berikut adalah pilihan-pilihan oil dari YoungLiving yang bisa meredakan nyeri perut saat haid.

Menstruasi atau datang bulan adalah hal yang sudah pasti dialami oleh wanita setiap bulannya. Saat menstruasi, wanita tidak hanya mengeluarkan darah (sebagai akibat dari luruhnya dinding rahim) tetapi juga seringkali mengalami nyeri punggung dan perut, kram perut, mual, sakit kepala, perut kembung, dan beberapa gejala lain yang bervariasi.

Antara satu wanita dengan yang lainnya pasti berbeda dalam pengalaman haidnya. Ada yang merasakan biasa saja, ada yang sakitnya sedang, ada juga yang sakitnya hebat. Kalau saya sendiri sih seringnya merasakan sakit saat hari pertama hingga hari kedua haid.

Bosan dengan Painkiller

Biasanya sakit yang pasti selalu saya alami adalah nyeri perut dan punggung, serta sakit kepala. Nyeri haid yang saya alami di hari pertama seringkali bikin nggak enak badan, nggreges-nggreges gitu. Nyeri perut dan punggung ini bikin guling-guling aja di kasur, bahkan pernah sampai mau pingsan.

Kalau udah nggak tahan, saya dulu sering minum Ibuprofen untuk meredakan nyerinya. Ibuprofen ini termasuk painkiller ya, jadi bekerjanya di saraf-saraf. Memang selalu manjur sih, soalnya habis minum biasanya terus bisa tidur, bangun-bangun nyeri sudah hilang. Tapi lama kelamaan saya kepikiran juga kalau harus minum painkiller tiap kali haid. Apalagi ini kan bekerjanya memengaruhi sel-sel saraf.

Awal Kenalan dengan YoungLiving

jenis-jenis oil youngliving
Foto: dokumentasi pribadi

Beruntungnya, saya sempat berkenalan dengan oil dari YoungLiving. Waktu itu saya gabung jadi member karena nggak sengaja. Sebenarnya teman saya yang mau paketan membernya, tapi dia nggak mau gabung jadi member. Akhirnya pinjam identitas saya untuk jadi member. Saya pingin sih jadi member tapi waktu itu belum ada budget buat gabung paketan member yang harganya Rp 2 juta an itu hiks.

Padahal kalau beli paketan yang Rp 2 juta an itu, lumayan banget karena dapat oil yang lumayan banyak dgn volume 5 ml plus dapet diffuser yang pasti original dari brand YoungLiving. Kualitas nggak usah ditanya lah ya, terpercaya, karena brand ini terkenal jaga banget nama brand dan kualitasnya.

Awalnya cuma dikasih temanku, peppermint youngliving, R.C, dan, Digize. Semuanya dalam volume botol 5ml. Waktu itu sih nggak begitu mendalami fungsi masing-masing oil. Jadi, ya cuma waw baunya emang enak banget, calming banget.

Oleh karena saya dianggap jadi member, akhirnya dimasukkan ke grup WhatsApp edukasi bagi para member YoungLiving. Grupnya ini aktif banget dan sering sharing resep-resep oil serta cara pakainya. Dari situ pula saya tahu beberapa oil yang bisa dipakai untuk meredakan nyeri-nyeri saat datang bulan.

Apa Aja  Sih Oil YoungLiving yang bisa Redakan Nyeri Haid?

Yok langsung kita kupas satu-satu oil-oil dari YoungLiving yang berkhasiat untuk meredakan nyeri perut saat haid.

1. Digize

Oil Young Living
Foto: dokumentasi pribadi

Digize selalu jadi pilihan pertama saya untuk mengatasi nyeri haid. Awal tahu ya baca-baca dari grup WhatsApp edukasi member YL. Bener lho, sejak pakai Digize ini saya udah nggak pernah lagi konsumsi Ibuprofen untuk menghalau nyeri-nyeri yang mengganggu ini.

Baunya Digize khas banget, kayak campuran rempah-rempah kalau kata saya mah. Digize ini termasuk oil YL yang blend yaitu dia campuran dari beberapa bahan. 

Essential oil blend DiGize adalah perpaduan dari Tarragon, Ginger, Peppermint, Juniper, Lemongrass, Anise, dan Patchouli.  www.youngliving.com

Saya suka banget dengan aroma Digize ini karena menurut saya menenangkan banget. Ketika haid, saya suka oleskan Digize ke perut, dan ternyata ampuh membantu dalam meredakan nyeri haid atau kram perut.

2. Lavender Mix Peppermint

Suatu ketika, oil Digize andalan saya tersebut habis. Mau checkout lagi tapi rasanya ingin nunggu ketika keranjang agak banyak supaya lebih ekonomis di ongkir (bayangkan checkout cuma 1 tapi tetap kena ongkir kan).

Kebetulan oil YL yang tersedia di lemari obat hanyalah Lavender dan Peppermint. FYI, Lavender dan Peppermint saya selalu usahakan ready karena yang paling banyak kepakai. Lavender untuk atasi gatal dan bikin nyenyak tidur anak saya, sementara Peppermint untuk atasi batuk pilek karena efek melegakan pernapasannya ampuh banget.

Nah, Peppermint pun kadang saya pakai ketika migren menyerang. Oles-oles sedikit di dahi untuk mengurangi nyut nyut an akibat migren yang sering menyerang. Lumayan membantu saya mengurangi konsumsi painkiller aka ibuprofen.

Nah, untuk atasi nyeri haid pun ternyata bisa juga. Ini karena tidak sengaja tadi, oil Digize habis, kemudian mau beli Kiranti (Kiranti juga lumayan bantu atasi nyeri atau kram perut di saya) rasanya udah gak kuat buat naik motor ke Indomaret/Alfamart di dekat jalan raya. Mau konsumsi ibuprofen tapi saya diwanti-wanti suami untuk tidak ketergantungan pada painkiller ini.

Alhasil, saya coba oleskan lavender di perut (agak ke bawah lambung). Selang beberapa saat saya oleskan Peppermint. Jadi pengolesannya lavender di layer peppermint. Saya pikir gak akan membantu awalnya, eh saya salah. Nyeri dan kram perut ternyata berangsur membaik dengan cepat. Saya pun bisa tenang, Keringat dingin akibat nyeri juga berangsur hilang.

3. Panaway

Oil YL lainnya yang bisa digunakan untuk meredakan sakit dan nyeri adalah Panaway. Panaway ini oil blend, yaitu campuran dari beberapa bahan alami tentunya.

Essential oil blend PanAway dengan kandungan Wintergreen, Helichrysum, Clove, dan Peppermint memiliki aroma segar dan memberikan sensasi sejuk pada kulit. 

Beberapa manfaat Panaway, dikutip dari situs resmi YoungLiving adalah sbb

  • Memberikan aroma menyegarkan
  • Memberikan rasa sejuk pada kulit setelah berolahraga
  • Membersikan sensasi sejuk saat diaplikasikan pada pundak, leher, dan kulit kepala
  • Mengadung methyl salicylate, gamma-curcumene, menthol, dan eugenol alami

Kemudian, akun Alpha Essentials Oils juga membuat infographic sederhana mengenai manfaat Panaway dan cara penggunaannya, sbb

manfaat panaway
Foto by: Alpha Essentials Oils

Sayangnya harga oil Panaway lumayan mahal :D, sekitar 1.5 jutaan kalau di website YL. Tapi kalau gabung member kamu bisa dapet harga member.

Kesimpulan

Dalam mengatasi nyeri haid, menggunakan minyak dari YoungLiving bisa menjadi alternatif yang efektif dan alami tanpa perlu bergantung pada obat penghilang rasa sakit seperti Ibuprofen. 

Digize, sebuah campuran minyak yang terdiri dari Tarragon, Ginger, Peppermint, Juniper, Lemongrass, Anise, dan Patchouli, terbukti efektif dalam meredakan nyeri perut dan kram saat haid. Aroma khasnya yang menenangkan memberikan efek positif pada kesejahteraan secara keseluruhan.

Selain Digize, campuran Lavender dan Peppermint juga terbukti bermanfaat. Lavender, yang dikenal karena sifatnya yang menenangkan, ketika digunakan bersama Peppermint dapat membantu meredakan nyeri haid dengan cara yang alami dan aman.

Minyak campuran Panaway, dengan kandungan Wintergreen, Helichrysum, Clove, dan Peppermint, memberikan sensasi sejuk pada kulit dan dapat membantu mengurangi rasa sakit setelah berolahraga atau pada saat nyeri haid.

Meskipun harga beberapa minyak dari YoungLiving mungkin terbilang mahal, keanggotaan sebagai member dapat memberikan akses ke harga yang lebih terjangkau, membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang mencari alternatif alami dalam mengatasi nyeri haid.