winter trip ke jepang
    Photo by jackmac34 on Pixabay

    Winter trip ke Jepang mungkin sebuah momen yang langka dan menjadi bucket list para traveler sejati. Tapi sejujurnya itu nggak mengherankan. Alasannya? Yah, Jepang saat winter atau musim dingin memang sebuah kesempatan yang sempurna untuk para traveler menikmati banyak hal, mulai dari pemandangan lanskap winter Jepang yang menakjubkan, mencicipi makanan tradisional Jepang, sampai mengeksplor budaya Jepang yang unik.

    Tapi sebelum berangkat ke Jepang saat winter, tentunya ada banyak yang harus dipersiapkan. Maklum saja, kita tinggal di negara tropis yang saban taun saban hari ada matahari. Jadi, berpindah ke negara yang itu adalah di musim salju tentu akan sangat bikin kaget. Supaya winter trip ke Jepang nggak kacau balau, penting untuk merencanakan trip dengan matang.

    Winter di Jepang

    Bisa dibilang, winter trip ke Jepang akan memberikan banyak sekali pengalaman berharga yang akan sulit untuk terlupakan. Ini karena ada banyak aktivitas saat winter di Jepang yang sangat khas dengan budaya mereka. Budaya Jepang yang unik, makanan khas saat winter, dan lanskap winter yang menakjubkan adalah highlight yang sulit dilewatkan begitu saja.

    Saya sebagai anak tropis, sangat lumrah kalau saya pun terpesona dengan bagaimana salju tebal yang menutupi lanskap alam bisa membentuk pemandangan yang begitu indah. Bagi yang ingin winter trip ke Jepang, perlu diketahui bahwa musim salju atau winter di Jepang dimulai kira-kira bulan November hingga Maret. Tapi salju paling banyak kemungkinan ada di bulan Desember hingga Januari.

    Temperatur saat winter juga bisa bervariasi tapi yang jelas dingin. Bisa jadi ada area yang tidak terlalu dingin, dingin, hingga sangat dingin, dan semua bergantung pada wilayah. Destinasi wisata yang populer saat winter di Jepang misalnya Tokyo, Hokkaido di Jepang utara, dan Kyoto di Jepang tengah. Semua area menawarkan keistimewaan tersendiri bagi para traveller.

    Persiapan Winter Trip ke Jepang

    Sebelum berangkat, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu. Ini penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan. Dengan begini kamu bisa menikmati winter trip ke Jepang dengan nyaman dan aman.

    Pertama, penting untuk memeriksa laporan cuaca di Jepang agar kamu tahu bagaimana keadaan suhunya. Terutama berapa derajat dinginnya. Misal kamu akan ke Hokkaido di bulan Desember, maka pastikan berapa derajat suhunya jadi kamu tahu apa yang perlu kamu bawa. Kemudian cari tahu juga mengenai aktivitas atau atraksi lokal yang sedang berlangsung di tanggal yang kamu rencanakan.

    Kemudian, penting juga untuk mencari tahu pakaian dan aksesoris yang harus digunakan saat winter. Kita mungkin terbiasa pakai kaos biasa saat di Indonesia karena memang cuaca panas dan lembab saban hari. Tapi saat winter di Jepang, pakai kaos biasa bisa bikin kamu kedinginan parah, lho. Nggak mau kan malah sakit atau masuk angin pas nge-trip.

    baju dan aksesoris winter
    Image by Couleur from Pixabay

    Jadi mending invest di pakaian winter yang bagus seperti heattech, baju wol, sweater, coat, jaket light down. Untuk alas kaki sebaiknya pakai sepatu boots ya, pengalaman saya saat ngetrip winter ke Jepang, sepatu boots winter dengan sol yang tepat bisa membuat kamu nyaman saat berjalan di permukaan salju yang licin.

    Selain itu aksesoris lain yang perlu kamu bawa misalnya syal, topi/kupluk, dan kacamata hitam. Soal pakaian ini perlu dipersiapkan banget supaya kamu nyaman dan nggak terganggu saat ngetrip. Kamu mungkin perlu bawa banyak baju karena akan kamu pakai secara berlapis supaya nggak kedinginan. Temperatur bisa drop banget ketika malam tiba.

    Eksplor Lanskap Winter di Jepang

    Salah satu highlight dari winter di Jepang adalah lanskapnya. Kamu bisa melihat pemandangan pegunungan yang tertutup salju putih, danau-danau yang cantik membeku, dan hutan yang lebat berwarna putih karena tertutup salju.

    Kalau kamu petualang winter sejati, mungkin Hokkaido bisa jadi destinasi yang paling tepat buatmu. Hokkaido punya banyak aktivitas winter yang terbaik, belum lagi lanskap winternya yang luar biasa indah.

    Kalau nggak mau ke utara, kamu bisa sih eksplor Jepang tengah yang lanskap view nya juga bagus banget. Saya sendiri pernah eksplor wisata winter trip di jalur Mitsuboshi Kaidou. Jalur Mitsuboshi Kaidou ini masuk ke Three-Star Route yang menghubungkan area wisata di daerah Kanazawa, Gokayama, Shirakawa-go, Takayama, dan Matsumoto.

    Shirakawago (Photo: Dokumen Pribadi)
    Shirakawago (Photo: Dokumen Pribadi)

    Area Jepang tengah ini punya lanskap winter yang kental. Mungkin karena areanya masih area pegunungan jadi salju masih menumpuk tebal. Oya di area ini kamu bisa juga menemukan wisata Shirakawago yang terkenal itu. 

    Tapi kalau kamu cari destinasi winter yang sedikit ke-kota-kotaan, maka Tokyo adalah tempatnya. Tokyo punya landmark ikonik seperti Tokyo Tower dan kuil Sensoji yang selalu ramai dikunjungi turis. Mungkin ini bisa masuk ke bucket list-mu. Hanya saja, salju di kota besar seperti Tokyo mungkin tak sebanyak kalau kamu berkunjung ke area pedesaan di Jepang.

    Menikmati Kuliner Otentik Jepang

    Selain lanskap indah, budaya yang unik, kuliner Jepang pun unik. Kalau berkunjung langsung ke Jepang, tentu kamu berkesempatan untuk menikmati kuliner otentiknya yang khas musim winter. Ada ramen, miso sup, yakitori, yakisoba, kaisendon, semua jenis makanan yang tentunya akan otentik bila kamu coba di Jepang langsung.

    Restoran-restoran dan tempat makan di Jepang saat winter menyajikan pilihan makanan tradisional khas winter. Ada nabe, makanan hot pot yang cocok disantap saat musim dingin. Oden, yang juga makanan khas winter berisikan macam-macam sayuran, oden, dan telur rebus.

    Kaisendon
    Kaisendon (photo: dokumen pribadi)

    Ada juga makanan manis yang banyak dijumpai saat winter misalnya mochi dan dango, khusus untuk kamu yang suka makanan manis.

    Top 5 Aktivitas saat Winter di Jepang

    Saat winter trip ke Jepang rasanya belum lengkap kalau belum mencoba aktivitas winter yang biasa dilakukan orang lokal. Di sinilah keunikan orang Jepang, saat winter mereka malah banyak sekali aktivitas seru yang unik-unik, misalnya:

    1. Ski dan Snowboard

    Orang Jepang suka banget main ski, lho. Mereka bikin arena ski outdoor di gunung-gunung dan membuka wisata untuk ski untuk umum. Dan wisata ski maupun snowboard ini sangat ramai ketika winter tiba. Kalau kamu suka olahraga adrenalin, mungkin ski bisa kamu coba. Tapi kalau kamu nggak berani main ski atau belum bisa, mungkin bisa kayak saya yaitu main snowboard.

    arena ski saat winter di Jepang
    Arena Ski saat Winter di Jepang (photo: dokumen pribadi)

    2. Onsen

    Ini mungkin jadi salah satu keunikan yang cuma ada di Jepang saat winter, yaitu onsen. Onsen adalah sumber mata air panas alami yang banyak kamu jumpai di Jepang. Onsen ini sempurna untuk dinikmati saat winter karena kamu bisa relaksasi badan dan pikiran di mata air panas.

    Japanese Onsen
    Waktu berkunjung ke onsen saya tidak diperbolehkan membawa kamera, sehingga saya tidak punya foto onsen. Alhasil saya ambil foto onsen dari laman unsplash. (Photo by Yosuke Ota on Unsplash)

    3. Mancing Ikan di Danau yang Beku

    Banyak lho ternyata yang suka aktivitas ini, yaitu mancing ikan di es. Emang ada ikan di es? Ada dong. Sebagian besar danau memang membeku ketika musim dingin tapi kamu tetap bisa mancing ikan.

    winter fishing
    Sayangnya untuk winter fishing ini saya tidak punya fotonya, maka dari itu saya carikan di Unsplash. (Photo by Glenna Haug on Unsplash)

    4. Snowshoe

    Snowshoe adalah salah satu aktivitas yang sempat saya coba ketika winter trip ke Jepang. Waktu itu saya coba snowshoe di Norikura Kogen. Biasanya ada tour guide khusus untuk aktivitas snowshoe. Jadi kamu akan diajak jalan-jalan menikmati lanskap winter Jepang menggunakan sepatu khusus yaitu snowshoe, yang dipakai agar kamu bisa berjalan di atas salju tebal.

    Snowshoeing
    Snowshoeing dengan sepatu khusus yang membuat kita tidak tenggelam saat berjalan di atas salju yang tingginya bisa selutut atau bahkan sedada. (Photo by Mael BALLAND on Unsplash)


    5. Festival Salju

    Orang Jepang kreatif-kreatif juga, lho. Mereka bikin pertunjukan atau festival menyambut musim dingin. Untuk festival pastikan kamu rajin ngecek pertunjukan apa saja yang digelar ketika musim dingin.

    tarumakanekori winter illuminations
    Salah satu local attractions yang saya kunjungi waktu itu adalah tarumakanekori yaitu festival lampu iluminasi seperti di atas. (photo: dokumen pribadi)


    Shopping di Jepang saat Winter

    Nge-trip ke Jepang kurang afdol tanpa belanja. Pernak-pernik yang dijual di tempat wisata di Jepang unik-unik dan menarik. Snack-snack juga ada banyak macamnya dengan beragam rasa yang unik banget. Mungkin cuma akan kamu temui di Jepang.

    Beli keramik, mangkuk, kimono, manisan dan snack khas Jepang bisa kamu coba, lho. Apalagi kalau kamu pengen bawa pulang souvenir buat kenang-kenangan, bisa banget. Semua dibungkus dengan kemasan menarik dan tersedia dalam berbagai harga. Tinggal pinter-pinter aja pilih. Mungkin sedikit lebih mahal, tapi pengalamanku punya gantungan kunci beli di Jepang itu, awet bangettt.

    toko oleh-oleh lokal jepang
    Salah satu toko oleh-oleh lokal di Jepang yang sempat saya kunjungi. Ada banyak jenis jajanan dan makanan yang semua dibungkus dengan apik, kemasannya lucu-lucu. (photo: dokumen pribadi)

    Nah pengalaman belanja di Jepang, yang negaranya terkenal sangat modern dan maju. Pernah suatu ketika belanja di sebuah toko di pedesaan, ternyata mereka nggak menyediakan pembayaran non tunai a.k.a pakai kartu. Jadi, pastikan aja kamu bawa uang tunai yen di dompetmu. Ini jaga-jaga kalau toko nggak terima payment kartu. Oya jangan harapkan ada e-wallet scan QRIS atau Gopay ya, kayaknya sih nggak ada 😂.

    Mengunjungi Kuil Tradisional Jepang

    Jepang kebanyakan menganut Shinto, kepercayaan tradisional mereka. Beberapa juga Buddha. Apapun itu, di Jepang banyak kuil. Mungkin kamu bisa mengunjungi kuil di Jepang untuk mengeksplorasi betapa uniknya kultur yang mereka pegang hingga sekarang.

    kuil di jepang
    Salah satu kuil di Jepang yang saya kunjungi. (photo: dokumen pribadi)

    Akomodasi Saat di Jepang

    Tidak akan sulit untuk menemukan hotel di Jepang. Mereka punya hotel super mini seperti kapsul hotel, hotel kelas menengah, sampai hotel paling mewah sekalipun. Sebelum berangkat ke Jepang pastikan sudah booking hotel dan penginapan untuk tempatmu menginap.

    kapsul hotel di jepang
    Saat winter trip ke jepang saya tidak mencoba kapsul hotel. Tapi kurang lebih seperti ini gambaran kapsul hotel. (Photo by Alec Favale on Unsplash)

    Booking hotel dan akomodasi jauh-jauh hari akan memudahkan kamu ketika ngetrip. Kalau kamu mau stay di penginapan yang tradisional dengan fasilitas onsen di dalam penginapan, ada ryokan yaitu penginapan tradisional Jepang. Tapi biasanya ryokan tuh harganya mahal. Kalau kamu pengen ngerasain sih nggak papa tapi pastikan budgetnya.

    ryokan di jepang
    Sempat juga merasakan mewahnya ryokan di Jepang. (photo: dokumen pribadi)

    Kalau nggak mau repot urus akomodasi dan booking trip ke tempat wisata, kamu bisa cari paket tour dari Indonesia. Sekarang ada banyak banget paket tour dari Indonesia yang sudah include semuanya atau all in. Kamu tinggal berangkat aja gitu.