meteran listrik PLN
Foto: Dokumentasi pribadi

Apakah listrik jika terkena air bisa membahayakan? Jawabannya iya dong bahaya. Soalnya air bisa merusak meteran listrik, meteran bisa mati, atau bahkan yang lebih ngeri kalau nyetrum hiii.

Seperti yang saya alami nih, sahabat. Ceritanya meteran listrik saya itu masih nempel di luar rumah, di tembok tetangga tepatnya. Maklum, rumah baru saya belum jadi dan belum ditempati. Sehingga, meteran listrik tersebut tidak ada yang merawat atau mengawasi. Ya minta bantuan tetangga pun terbatas kan ya tidak bisa selalu meskipun meterannya nempel di rumah beliau. 

Apakah meterannya tidak dikasih pelindung dari air?

Sebetulnya meteran tersebut awalnya ada pelindungnya, walau pelindung DIY sih alias dari jerigen bekas yang dipotong sedemikian rupa buat jadi pelindung air. Nah ngga tau kenapa itu hilang XD. Kemudian, meteran itu baru 2 minggu sebelumnya aktif dipakai karena ada pekerjaan tukang.

Kebetulan kami mau mulai pekerjaan tukang lagi sehingga suami mau pastikan aliran listrik lancar agar pekerjaan pun lancar. Eh, pas dicek ternyata mati dan setelah diperiksa karena tampias air atau terkena air hujan.

Nah di sini, pernah nggak, Sobat Listrik, mengalami masalah meteran listrik PLN yang terkena tampias air? Berhubung aku ada pengalaman, rasanya sayang/eman kalau nggak bagi-bagi informasi. Nah, kali ini aku bakal cerita tentang apa aja yang bisa kita lakuin kalo meteran listrik kita kena tampias air. Yuk, simak!

Meteran Listrik Kena Tampias atau Kena Air Hujan

Jadi, masalah ini tuh sering banget terjadi, apalagi kalo rumah atau tempat tinggal kita berada di area yang rawan banjir atau terkena rembesan air. Sehingga informasi ini berguna buat kalian yang mungkin tinggal di area dengan kriteria rawan seperti itu.

Tapi kalau di kasusku, itu meteran listrik kena tampias atau kena air hujan akibat posisinya yang memang di luar rumah, tepatnya menempel di tembok tetangga. Apakah tidak ada genteng di atasnya? Ada tapi tidak terlalu lebar. Jadi, ketika hujan deras/lebat atau hujan disertai angin, biasanya air hujan akan banyak sekali dan arahnya jadi lebih hebat sehingga kena air hujan lah itu meteran listriknya.

Kalau kena airnya sangat banyak tentu merusak meteran listrik. Alhasil meteran listrik mati hehehe.

Penyebab lain meteran listrik kena air ada banyak ya, bisa karena banjir, bocornya pipa air, atau ya itu tadi karena air hujan yang masuk ke dalam kotak meteran. Ini bisa bikin meteran listrik dan instalasi listrik jadi rusak, lho!

Prosedur Penggantian Meteran Listrik PLN

Kalo kita udah tau meteran kita karena tampias air hujan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melapor ke PLN. Caranya gampang, sobat tinggal hubungi pihak PLN dan buat laporan. Untuk buat laporan bisa kunjungi kantor PLN terdekat atau kalau tidak mau repot ke kantor, tinggal bikin aduan lewat aplikasi PLN mobile. Kalau tidak mau repot lewat aplikasi, sepertinya bisa lewat telepon ke CS PLN di nomor 123.

Lapor ke PLN

Download aplikasi PLN Mobile, kalau pakai HP android downloadnya di PlayStore, kalau pakai HP IOS downloadnya di AppStore. Setelah download PLN Mobile, register dan bikin akun, tinggal ikut cara-caranya di aplikasi. Nah, kalau sudah tinggal bikin laporan lewat aplikasi mobile dan ikuti cara-caranya di aplikasi, ya.

Untuk yang tidak terbiasa dengan antarmuka aplikasi, bisa menggunakan opsi telepon ke CS. Biasanya nih orang-orang tua jaman dulu tidak terbiasa dengan aplikasi ya, jadi mereka lebih suka ngomong langsung aja. Nah, itu bisa langsung telepon ke CS. Jangan lupa siapkan pulsa yang cukup. Kalau saya sih sekali telepon saya siapkan Rp 25000 supaya lebih aman.

Tunggu Petugas Survei

Nah, ketika laporan selesai dibuat, kalian tinggal tunggu, nih. Biasanya PLN akan mengutus petugas untuk survei ke lokasi. Survei dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi kerusakannya, dan apa solusinya.

Kalau tempat saya, petugas datang untuk survei dan solusinya adalah mengganti meteran dengan yang baru.

Tunggu Teknisi Datang

Nah, setelah petugas survei datang (dan pulang lagi) dan didapat rekomendasi solusinya, selanjutnya kalian tunggu lagi teknisi. Yak, teknisi akan diutus untuk melakukan penggantian meteran listrik di rumah Anda.

Baik petugas survei maupun teknisi akan menghubungi kalian langsung untuk janjian. Jadi pastikan stand by handphone kalian, ya kalau-kalau ada telepon atau WhatsApp dari para petugas ini. 

Di hari janjian, teknisi akan datang dan mengganti meteran kalian. Sebaiknya sih kalian tungguin ya kerjaan mereka. Ya nggak enak aja kalau kalian tinggal begitu aja, beliin minum juga boleh, lho. Haha.

Biaya dan Prosedur Pembayaran

Nah, pasti pada penasaran dong, berapa sih biaya yang harus dikeluarin buat ganti meteran yang kena tampias air? Biasanya, biayanya itu tergantung dari kerusakan yang terjadi. Jadi, lebih baik langsung tanya ke petugas PLN yang datang.

Kalau di kasus saya sih untuk penggantian meteran ini nggak bayar sama sekali. Beda dengan ketika pindah meteran listrik ya yang dikenakan biaya.

Cara Mengatasi Masalah Meteran Listrik PLN Tertampias Air

Selain itu, kalo ternyata meteran kita masih bisa diselamatkan, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk ngatasi masalah ini. Misalnya, jangan biarin meteran basah terlalu lama, langsung keringin biar nggak timbul masalah lebih parah.

Kedua, jelas kalian harus taruh meteran listrik di tempat yang aman dari air hujan, atau banjir. Meteran saya yang baru, saya pindah ke dalam rumah (eh iya suka heran kenapa meteran ada di luar rumah, kadang suka kepikiran kalau ada orang jahat matiin meteran listrik dari luar gimana dong).

Posisi meteran juga harus tinggi ya supaya aman dari banjir, kalau kamu tinggal di area yang rawan banjir. Kalau meteran listrik kamu terpaksa harus berada di luar rumah, pastikan dia punya pelindung air, lebih baik lagi kalau bisa digembok supaya nggak diisengin orang atau ada orang jahat. Inget kan yang selebgram dirampok, jadi si rampok matiin meteran listrik trus si penghuni keluar buat cek. Ketika buka pintu langsung deh bak buk dibacok rampok kan ngeri.

Ada juga kan kasus terbaru, si Jun*aedi di Penajam Paser Kalimantan yang bunuh satu keluarga. Triknya sama, si pelaku ini matiin meteran listrik, reflek kan si penghuni rumah yaitu si bapaknya yang buka pintu mau ngecek, begitu buka langsung dibac*k hingga wafat. Dan seterusnya sedih mah kalau diceritain, ngeri banget juga.

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang meteran listrik PLN yang kena tampias air. Ingat, penting banget buat segera ngatasi masalah ini biar nggak bikin repot dan nggak merugikan lebih banyak. Yuk, jaga meteran listrik kita agar tetap aman dan terhindar dari dampak air!