Gatal-gatal adalah masalah yang juga dihadapi ketika anak kena flu singapura. Tak seperti gatal-gatal biasa, gatal karena kena flu singapura sangat mengganggu dan kadang sulit diatasi tanpa bantuan obat luar seperti krim gatal atau salep.

    HFMD Rash
    Foto: Wikimedia

    Dokter biasanya akan meresepkan krim untuk mengatasi gatal atau menyarankan krim/salep yang bisa dibeli di apotik. Bukan menyembuhkan, krim atau salep ini hanya untuk mengurangi gejala yaitu gatal-gatalnya ya bunda. Mengapa perlu? Ya karena gatal-gatal karena flu singapura ini umumnya sangat parah, anak kecil jadi rewel karena tidak tahan gatalnya, dan akan menggaruk-garuk.

    Masalahnya ketika digaruk cenderung akan mengakibatkan gatal semakin parah. Gatal bisa berair kemudian pecah dan cairannya bisa menyebar ke bagian tubuh lain. Alhasil, gatal semakin menyebar dan semakin banyak. Maka dari itu diperbolehkan penggunaan krim/salep untuk mengatasi rasa gatal luar biasa akibat flu singapura.

    Lalu apa saja salep maupun krim yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatal pada flu singapura? Yang pasti, krim dan salep ini tidak boleh sembarangan ya, karena akan digunakan untuk kulit bayi dan anak yang masih sensitif sekali. Buibu wajib cari tahu dulu krim dan salep yang aman untuk kulit anak-anak maupun bayi, sekaligus ampuh untuk mengatasi rasa gatal.

    Ada banyak salep-dan krim untuk atasi rasa gatal, tapi beberapa produk di bawah ini, sebaiknya NGGAK DIPAKAI ya bunda. Apa saja sih? Ini dia...

    BALSEM

    Ingat gak bunda-bunda waktu kecil kalau kena gigitan nyamuk, nenek atau ibu suka kasih balsem. Kalau saya sendiri sih ingat bunda. Karena sedari kecil tinggal sama nenek, ikut deh kebiasaan beliau. Termasuk nih kalau lagi gatel kena serangga, digigit nyamuk, gatel apapun itu dikasih BALSEM.

    Iya Balsem yang panas itu. Mungkin karena efek panasnya, jadinya efek gatelnya gak kerasa ya hahaha. Tapi jaman sekarang apa ada yang ngasih BALSEM buat atasin gatal anak? Mungkin udah jarang ya bunda, secara produk-produk sekarang sudah banyak banget tercipta dan bisa dibeli dengan mudah di marketplace online.

    Nah, kalau gatal flu singapura, jangan deh dipakein BALSEM. Pasti bakal lebih menderita si anak. Udah gatel, kepanasan, haduh. Apalagi kalau kena flu singapura kan ada demam juga biasanya, jadi singkirkan jauh-jauh deh balsem ini.

    HOTNCREAM

    Wah kalau ini sih udah jelas gak boleh dipakaikan ke anak-anak ya, kondisi normal sekalipun. HOTNCREAM hanya untuk orang dewasa yang beranjak jompo heheh. Efeknya panas jadi mungkin dipikir bisa atasi gatal. Ya mungkin bisa karena gatalnya tertutup oleh rasa panasnya.

    Dahlah daripada bikin masalah baru mending singkirkan dulu jauh-jauh HOTNCREAM nya bunda. Apalagi pak nda yang kadang suka gak aware masalah beginian.

    COUNTERPAIN

    Dih sapa nih yang mau pakein counterpain buat atasin gatal. Counterpain mah buat atasin nyeri-nyeri sendi tulang dsb. Yang pasti bukan untuk rasa gatal, walau ada efek panas mungkin (meski sekarang ada counterpain yang cool efeknya dingin).

    Pokoknya ini juga jauh-jauh deh, jangan dipakai buat atasin gatal-gatal apalagi akibat flu singapura.

    Nah sekarang langsung aja deh kita cari tahu apa aja krim dan salep yang ampu untuk atasi gatal-gatal akibat flu singapura. Ini dia...

    Flu singapura disebut juga penyakit HFMD (Hand Foot Mouth Disease), yaitu penyakit yang gejala luarnya tampak menyerang tangan kaki dan mulut. Gejalanya demam, gatal-gatal dan sifatnya menular. Ini umum terjadi pada anak-anak ya bunda.

    Penyebab flu singapura adalah virus dari genus enterovirus, yang paling sering adalah coxsackievirus. Penggunaan salep bisa untuk meredakan gatal, mempercepat proses penyembuhan, maupun mencegah penyebaran virus ke bagian tubuh lain.

    Meskipun dikatakan bahwa penyakit flu singapura biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 7-10 hari, tapi rasa gatal yang ditimbulkan bisa sangat mengganggu, lho. Tapi ternyata tidak ada salep khusus flu singapura. Salep biasa asalkan memenuhi ketentuan dan tidak berbahaya bagi kulit anak, maka bisa digunakan untuk atasi gatalnya.

    PURE Cream

    pure baby soothing cream

    PURE Cream adalah salah satu pilihan yang baik untuk meredakan gatal-gatal akibat flu Singapura pada bayi dan balita. Diformulasikan khusus dengan bahan-bahan yang lembut dan aman, PURE Cream memberikan efek dingin yang menenangkan pada kulit yang teriritasi. 

    Krim ini bekerja secara efektif untuk mengurangi rasa gatal dan membantu mengembalikan keseimbangan kulit yang terganggu akibat infeksi virus. Dengan teksturnya yang lembut dan mudah meresap, PURE Cream cocok digunakan sebagai obat luar sehari-hari untuk memberikan kenyamanan pada si kecil.

    Beli di Shopee[button_warning] Beli di Tokopedia[button_success]

    Mustela Stelatopia Emollient Cream

    mustela stelatopia

    Mustela Stelatopia Emollient Cream adalah solusi yang juga baik untuk merawat kulit sensitif bayi dan balita yang terkena flu Singapura. Dengan kandungan formula yang khusus dirancang untuk memperbaiki dan melembapkan kulit yang kering dan teriritasi, krim ini memberikan perlindungan ekstra serta memberikan efek menenangkan pada rasa gatal. 

    Mustela Stelatopia Emollient Cream juga membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Dengan penggunaan teratur, krim ini tidak hanya membantu mengatasi gejala flu Singapura, tetapi juga menjaga kelembapan alami kulit si kecil.

    Beli di Shopee[button_warning] Beli di Tokopedia[button_success]

    Caladine

    caladine family

    Caladine merupakan pilihan terpercaya untuk meredakan gatal-gatal yang disebabkan oleh flu Singapura pada bayi dan balita. Dengan formula yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi, Caladine secara efektif mengurangi rasa gatal dan membantu menyembuhkan kulit yang teriritasi. 

    Krim ini mengandung bahan-bahan alami yang dikenal akan sifat antiseptik dan antimikroba, sehingga aman digunakan untuk merawat kulit yang sensitif pada bayi dan balita. Caladine juga memberikan perlindungan tambahan dari risiko infeksi sekunder dan menjaga kulit tetap sehat dan lembut.

    Beli di Shopee[button_warning] Beli di Tokopedia[button_success]

    Kesimpulan

    Gejala flu Singapura yaitu termasuk panas/demam, bintil merah gatal yang melepuh, dan sariawan di mulut, dapat sangat mengganggu anak-anak.

    Penggunaan salep luar seperti PURE Cream dan Mustela Stelatopia Emollient Cream bisa dilakukan untuk mengatasi rasa gatal.

    PURE Cream memberikan efek dingin dan menenangkan pada kulit yang teriritasi, sementara Mustela Stelatopia Emollient Cream membantu melembapkan dan memperbaiki kulit yang kering dan teriritasi.

    Pilihan lain seperti Caladine juga dapat digunakan untuk meredakan gatal-gatal dan menjaga kebersihan kulit bayi dan balita.

    Selain penggunaan obat luar, upaya pencegahan seperti mencuci tangan secara teratur dan menghindari kontak dengan permukaan yang terkontaminasi juga penting untuk mencegah penyebaran flu Singapura.

    ⚠️ Peringatan: Penggunaan salep/krim luar yang disebutkan di atas harus disesuaikan dengan usia bayi/anak. Sebelum menggunakan produk, disarankan untuk melakukan uji coba pada sebagian kecil kulit terlebih dahulu untuk mengetahui kemungkinan adanya reaksi alergi. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakan salep/obat luar apa pun pada bayi atau balita.